Saat ini sepak bola memang merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia, dan keadaan ini membuat kontribusi mereka ke ekonomi dunia tidak dapat diremehkan.


Pemain-pemain bintang seperti Lionel Messi di Barcelona dan Cristiano Ronaldo di Real Madrid, cukup sering masuk dalam daftar atlet terkaya di dunia berkat pendapatan yang mereka peroleh, dan klub yang mereka bela juga memberikan kontribusi yang tinggi terhadap ekonomi Spanyol.


FBL-ESP-LIGA-BARCELONA-REAL MADRID

La Liga selaku kompetisi tertinggi dalam sepak bola Spanyol juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi dari negara tersebut, dan sepak bola secara keseluruhan terbukti memberikan pengaruh yang tinggi terhadap ekonomi dunia.


"Sepak bola, tanpa diragukan lagi, dapat menduduki peringkat ke-17 dalam sektor yang memberikan kontribusi terbesar dalam ekonomi global. Kami di Spanyol terbantu dengan beberapa faktor pendukung, La Liga sebagai liga terbaik di dunia memberikan dukungan kepada pemain-pemain bintang yang ada di sini dan juga terhadap Tim Nasional Spanyol," ujar direktur World Football Summit, Marian Otamendi, dalam wawancara kepada AS.


La Liga 2017-18 - Real Madrid vs FC Barcelona

Marian Otamendi mengungkapkan bahwa sepak bola memberikan kontribusi sebesar kurang lebih 2% terhadap ekonomi Spanyol secara keseluruhan dalam pendapatan domestik bruto negara tersebut.


Kontribusi sepak bola terhadap ekonomi Spanyol juga terlihat dari perkembangan pesat olahraga tersebut dalam beberapa waktu terakhir.


"Ya memang sepak bola memberikan kontribusi yang signifikan. Saya sudah membaca beberapa laporan yang berisi analisis bahwa sepak bola merupakan sektor yang memberikan kontribusi sangat besar terhadap tenaga kerja di Spanyol," tutup Marian Otamendi terkait kontribusi sepak bola terhadap ekonomi Spanyol.